nan_tasuruak

Knapa blog ini di namakan nan tasuruak?nan tasuruak dalam bahasa minang berarti"yang tersembunyi"karna osi dulu termasuk tipe pemalu(Eitt..tapi bukan brarti malu2in yee..)stelah dipikir2 sifat itu banyak ruginya,pemalu jadi gak banyak tau yang seharusnya osi pengen tau.stelah belajar untuk m'buka diri dan gak slalu berdiri dibelakang ternyata banyak sisi lain dunia yang selama ini m'buat osi kayak"katak dalam tempurung"(gak lagi2 dech..)lalu berusaha m'cari tau en blajar dari siapapun(whatever)

Kamis, 22 November 2007

Hubble Kirimkan ’Lukisan Langit Berbintang’ ala Van Gogh

Anda tentu pernah mendangar tentang "Starry Night", lukisan terkenal karya pelukis eksentrik Vincent van Gogh yang menggambarkan bintang-bintang di malam hari. Nah, kini ada Starry Night lain, yang bukan dilukis tetapi difoto oleh maestro masa kini, teleskop ruang angkasa Hubble!

Gambar menakjubkan yang diambil tanggal 8 Februari lalu itu memperlihatkan bintang-bintang V838 Monocerotis (V838 Mon) dengan cincin cahaya menyelimutinya. Di sekeliling bintang, terlihat lingkaran kabut yang membentang selebar trilyunan kilometer di ruang antar bintang, sesuatu yang belum pernah terlihat sebelumnya.

"Cahaya pendar yang menghiasi debu antar bintang itu berasal dari bintang raksasa merah yang berada di tengah-tengah gambar. Cahayanya telah dipantulkan kabut sehingga menimbulkan pemandangan spektakuler," demikian pernyataan Badan Antariksa AS, NASA. Disebutkan, foto itu adalah hasil karya alam yang amat mengagumkan.

Para ilmuwan NASA menduga peristiwa ledakan cahaya V838 Mon, bintang yang terletak sekitar 20.000 tahun cahaya dari Bumi, merupakan sumber debu bercahaya yang sekarang tampak.

Bagi mereka yang suka mengamati karya seni, terutama lukisan Vincent van Gogh, pasti akan segera teringat lukisan berjudul "Starry Night" (Notte stellata atau Langit Berbintang) bila ia melihat karya foto Hubble.

Vincent van Gogh melukiskan "Starry Night" saat ia berada dalam rumah sakit jiwa di Saint-Remy-de-Provence, Prancis selatan, sekitar 13 bulan sebelum ia bunuh diri pada usia 37 tahun di Auvers-sur-Oise, dekat Paris, tahun 1890. Bila hasil karya mempesona van Gogh bisa dilihat di Museum of Modern Art, New York, maka Starry Night karya Hubbel bisa dilihat lebih



Foto bintang yang diambil teleskop ruang angkasa Hubble



Lukisan Starry Night karya Vincent van gogh

1 Komentar:

Pada 2 April 2011 pukul 00.32 , Anonymous Anonim mengatakan...

pengen deh punya lukisan kya gtu

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda